Seleksi Emerging Writers MIWF Kembali Dibuka!

Pada tanggal 14 Februari 2020 lalu, salah satu program rutin dari Rumata’ ArtSpace yang menaungi Makassar International Writers Festival (MIWF) dengan bangga mengumumkan bahwa seleksi Emerging Writers kembali dibuka. Seleksi ini merupakan ajang pencarian penulis dari Indonesia Timur untuk memperkenalkan karya-karya terbaik mereka sekaligus sebagai salah satu platform untuk menjajaki dunia kepenulisan profesional. Program Emerging Writers bertujuan untuk memberikan peluang kepada 5 (lima) penulis terpilih untuk memperdengarkan karyanya kepada dunia dan ikut terlibat dalam program-program dengan para penulis ternama dari Indonesia maupun Internasional dalam beberapa panel-panel diskusi di MIWF 2020. Tahun ini, MIWF akan dikuratori oleh Aan Mansyur, Shinta Febriany, Lily Yulianti Farid dan satu lagi kurator tamu, yakni Intan Paramadhita. Karya-karya Emerging Writers akan dilakukan seleksi dan dibukukan dalam seri buku Dari Timur yang telah mencapai volume ke-3 di bawah naungan Gramedia Pustaka Utama (GPU).

Tahun 2019 lalu, sebanyak 195 penulis mengirimkan karya-karya terbaik mereka. Sebagai wadah untuk menemukan bintang-bintang sastra masa depan, Rumata’ ArtSpace dan MIWF, sangat berharap akan lebih banyak penulis lagi yang mendaftar dan terlibat dalam program-program seni dan budaya yang ada dalam salah satu perhelatan sastra terbesar yang ada di Indonesia.

*

PERSYARATAN:

Penulis adalah warga negara Indonesia berusia 17-35 tahun (silakan menyertakan fotokopi KTP)

Penulis berasal dari wilayah Kawasan Timur Indonesia meliputi propinsi di: Sulawesi, Papua, Nusa Tenggara, Maluku, dan Kalimantan.

Menulis karya sastra berupa puisi, cerpen, novel, atau naskah drama dan skenario film.

Bentuk penerbitan karya berupa buku, kumpulan tulisan yang sudah pernah diterbitkan di media massa atau kumpulan naskah yang belum terbit.

Penulis yang karyanya sudah diterbitkan dalam bentuk buku dapat mengirimkan ke:
Makassar International Writers Festival (Panitia Penulis KTI)
Jalan Bontonompo No. 12A (Gunung Sari Baru), Makassar, Sulawesi Selatan 90223.
CP. Rachmat 0821-1363-5219

Penulis yang belum menerbitkan buku, dapat mengirimkan 25 puisi terbaik atau 5 cerpen terbaik, atau 1 novel, atau 2 naskah drama/skenario film.

Karya dikirimkan melalui email d/a: infoemergingwriters@gmail.com, dengan menuliskan subjek email: “Karya Penulis Indonesia Timur MIWF 2020”

Penulis melampirkan biodata diri disertai foto, nomor telepon dan email yang jelas. Mohon biodata diri dilengkapi jika mengikuti komunitas kesenian atau sastra. Apabila nama kepenulisan berbeda dengan nama asli maka harap juga mencantumkan nama asli.

Hasil karya dapat dikirim ke panitia MIWF mulai 13 Februari – 30 April 2020. Nama 5 penulis yang terpilih akan diumumkan pada 6 Mei 2020 di media sosial resmi MIWF dan akan dihubungi melalui email dan telepon.
Bagi penulis terpilih yang berdomisili di luar Makassar akan ditanggung biaya transportasi dan akomodasi selama berlangsungnya MIWF 2020 dari tanggal 24 – 27 Juni 2020.