Intan Paramaditha, Kurator MIWF 2021 Masuk Daftar Panjang Stella Prize 2021!

Intan Paramaditha, penulis Indonesia sekaligus kurator Makassar International Writers Festival (MIWF) 2020-2021 masuk dalam daftar panjang Stella Prize 2021 yang telah diumumkan pada 5 Maret yang lalu.  Daftar panjang ini meliputi buku-buku novel dewasa muda, tiga karya nonfiksi dan novel terjemahan. Lima dari 12 penulis adalah debut pertamanya dan setiap penulis yang masuk daftar panjang menerima $1000 dari Badan Hak Cipta.

‘Saat membaca judul-judul ini, kami merenungkan apa yang mungkin hilang atau terlewatkan jika hadiah seperti Stella tidak ada yang secara khusus memeriksa hasil karya perempuan Australia dan penulis non-biner,’ kata ketua dewan juri Zoya Patel.

‘Di tahun-tahun yang tidak pasti seperti 2020 dan 2021, sudah sepantasnya daftar panjang Stella Prize menyertakan judul-judul yang mencakup keseluruhan upaya dan pengalaman manusia. Bacaan tahun ini menyajikan keragaman bakat dan ekspresi, dengan buku-buku yang mengeksplorasi manusia dan hewan melalui lensa fiksi dan nonfiksi, serta dengan tujuan yang sama untuk menjangkau makna dan arti hidup di dunia saat ini. ”

Pada tahun kesembilan, penghargaan ini dinilai oleh sutradara Patel, Blak & Bright First Nations Literary Festival Jane Harrison, produser radio 3RRR, presenter dan kritikus sastra Elizabeth McCarthy, editor produksi The Saturday Paper Ian See dan wakil direktur program Edinburgh Book Festival, Tamara Zimet.