Salah satu hal yang selalu diperjuangkan oleh Rumata’ ialah produksi dan distribusi pengetahuan sehingga berbagai inisiatif dan lembaga riset sangat kami promosikan. Di edisi kali ini, kami ingin merekomendasikan beberapa lembaga riset yang menaik untuk diikuti. Redaksi kami ambil dari masing-masing website inisiatif.

1. SMERU
SMERU adalah sebuah lembaga independen yang melakukan penelitian dan kajian kebijakan publik. SMERU menyediakan informasi yang akurat dan tepat waktu, serta analisis yang objektif, secara profesional dan proaktif mengenai berbagai masalah sosial-ekonomi dan kemiskinan yang dianggap mendesak dan penting bagi rakyat Indonesia. Seluruh kerja mengarah ke tujuan utama SMERU, yaitu mendorong perumusan kebijakan promasyarakat miskin di tingkat nasional dan daerah melalui penelitian berbasis bukti.

Sejak didirikan pada 2001, SMERU merupakan lembaga terdepan dalam melakukan kajian di bidang kemiskinan dan ketimpangan. SMERU melakukan kajian yang menggunakan metode kualitatif, kuantitatif, dan kombinasi terhadap isu-isu sosial-ekonomi yang memengaruhi masyarakat yang paling miskin dan rentan di Indonesia. SMERU juga berperan aktif dalam kegiatan penelitian yang menyoroti dampak program dan kebijakan pemerintah serta menerbitkan dan melaporkan temuan penelitian kami. Kerja SMERU berfokus pada bidang-bidang penelitian sosial-ekonomi yang sangat penting bagi isu-isu pembangunan dewasa ini.

2. TANAH INDIE
Tanahindie merupakan lembaga nirlaba berdiri sejak 1999 yang mengutamakan programnya pada kajian & diskusi/seminar, lokakarya, pameran, perisalahan, dan penerbitan bertopik beragam ekspresi dan perkembangan masyarakat kota mutakhir. Merayakan Halaman Rumah di Kampung Buku, kolaboratorium dan ruang dan ranah bersama berwujud perpustakaan, menyebarkan gagasan lewat berbagai kanal dan cara sebagai jalan produksi, reproduksi, dan distribusi pengetahuan

3. THE FINERY REPORT

The Finery Report merupakan inisiatif untuk menyebarkan pengetahuan dan kesadaran, yang mencakup bisnis, budaya dan industri. The Finery Report juga kami masukkan dalam rekomendasi ini karena unggahan-unggahannya memberi dampak yang siginifikan terhadap followersnya mengenai beragam isu.

4. DATA TO VISUAL
Data To Visual merupakan inisiatif pengolahan data yang berbasis di Instagram. Data To Visual berfokus untuk memadukan data-data dengan visual yang menarik, sederhana dan segar. Meskipun kebanyakan unggahannya dibuat dalam bahasa Indonesia, topik-topik yang diunggah biasanya mencakup isu-isu terkini di Asia Tenggara. Hingga kini, akun @datatovisual sudah mencapai 11.6K Followers di Instagram.  

5. KOMUNITAS ININNAWA
Komunitas ININNAWA pertama kali didirikan pada tanggal 1 Januari 2000.

Komunitas ININNAWA menyadari dan meyakini, bahwa ketidakadilan merupakan inti atau akar semua permasalahan kemasyarakatan yang terjadi kapan pun dan di mana pun sepanjang sejarah peradaban manusia. Kemiskinan yang terjadi disebabkan ketidakadilan sosial bagi seluruh lapisan masyarakat baik di bidang pendidikan, ekonomi, hukum, politik dan sosial-budaya;

Bahwa tatanan  masyarakat yang terbangun hingga sekarang merupakan tatanan yang tidak adil yang melahirkan berbagai ketimpangan ekonomi, politik, dan sosial budaya sehingga menyebabkan terjadinya kemiskinan struktural. Akibatnya, sebagian orang menjadi semakin sejahtera, memiliki akses yang besar terhadap berbagai sumber daya; punya kesempatan yang seluas-luasnya untuk mengekspresikan diri dan dapat menentukan proses pengambilan keputusan yang berpengaruh bagi masyarakat luas. Sebaliknya, sebagian besar rakyat tidak berdaya, tersisih dan hanya menjadi obyek bahkan menjadi korban pembangunan belaka; 

Karenanya, segala usaha dan cita-cita untuk menghapuskan semua jenis dan bentuk ketidakadilan yang terjadi pada semua tingkatan dengan memberdayakan dan membalikkan keterbawahan dan ketersisihan kelompok-kelompok masyarakat tersebut, akan lebih mampu memberikan sumbangan yang lebih besar bagi terwujudnya tatanan sosial-ekonomi, politik, dan budaya yang lebih adil di masa depan, sehingga mereka pun mampu memberikan sumbangsih bagi kemajuan peradaban dan kemanusiaan pada umumnya.  Dalam mewujudkan cita-cita tersebut di atas, perlu dilakukan transformasi sosial melalui upaya-upaya sistematik, di tingkat mikro dan makro, dalam berbagai bidang kehidupan.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *