Pada hari Jumat (29/04/2022), Rumata’ ArtSpace dengan bangga merilis program baru untuk memperkuat kapasitas komunitas Indonesia Timur dalam memproduksi konten digital yang tidak hanya baik dan unik, tetapi juga terukur untuk bertemu penonton yang tepat. Bacarita Digital ialah lokakarya produksi konten digital dalam tiga tahapan untuk komunitas Indonesia Timur dengan mengundang kreator konten, mentor, pemateri dan pembuat film terkemuka Indonesia yang akan berlangsung di Rumata’ ArtSpace dan Komunitas Lokal secara hybrid (daring dan luring) selama bulan Juni-November 2022. Program ini bertujuan untuk bersama-sama membangun wawasan dan identitas keragaman dengan konten digital sebagai ujung tombak pendokumentasian, pengarsipan dan promosi kota/daerah serta terciptanya ekosistem distribusi pengetahuan dan kecakapan digital yang setara sehingga komunitas budaya di Indonesia Timur dapat menyuarakan sendiri aspirasi/ekspresi mereka dengan pendekatan yang lebih terbuka dan populer.

BACARITA berasal dari istilah Indonesia timur yang bermakna, ‘Pencerita, penutur, pendongeng’. Penyaluran cerita melalui medium audio-visual kian signifikan di masa-masa kini. Pengaruh pandemi memaksa kita untuk bermigrasi menyampaikan dan memperoleh informasi melalui medium yang lebih mudah dan cepat diserap, yakni audio-visual. Program ini merupakan serangkaian lokakarya untuk memproduksi narasi-narasi alternatif dari kawasan Timur Indonesia. Dengan mengurasi secara ketat beberapa komunitas/kelompok dari berbagai daerah, Rumata’ berharap dapat meningkatkan kapasitas bersama dalam menggagas cerita dan narasi dari berbagai konteks dan lokalitas masing-masing.

Dengan mengikuti lokakarya ini, para peserta akan bertemu, belajar, berdiskusi, menonton karya kreatif dan mendiskusikannya dengan mentor dan pemateri secara langsung sebagai pertukaran pengetahuan dengan format serangkaian lokakarya (pelatihan teknis, masterclass & analisis konten), presentasi dan diskusi antar kelompok, mentoring (bimbingan kelompok). Rumata’ berharap dapat menginisiasi antusiasme para kelompok dan kolektif untuk menceritakan narasinya ke dalam bentuk yang lebih populer sehingga penyebaran informasinya dapat lebih luas ke masyarakat, baik secara praktis maupun diskursif.

Kualifikasi peserta dapat dilihat sebagai berikut:

  1. Anggota komunitas/kolektif dari Indonesia Timur (maksimal 3 orang), masing-masing berusia 19-35 tahun
  2. Berdomisili di wilayah kawasan Timur Indonesia (Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara, Maluku dan Papua) yang dibuktikan dengan KTP
  3. Berkomitmen mengikuti seluruh rangkaian program lokakarya
  4. Mengisi form aplikasi bit.ly/seleksibacarita2022

Batas waktu pendaftaran: 25 Mei 2022

Dengan lokakarya ini pula, para peserta juga dapat meramu dan menghubungkannya dengan berbagai disiplin, praktik, dan latar belakang untuk berkolaborasi membangun citra terhadap kota, daerah, kawasan di mana mereka berada, di samping mempromosikan, mendokumentasikan dan mengarsipkan nilai-nilai budaya, keragaman sebagai bangsa Indonesia.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan berlangganan newsletter Rumata’ ArtSpace melalui website atau ikuti media sosial Rumata’ ArtSpace melalui Instagram @rumata_artspace, Twitter, Facebook atau Youtube. Narahubung: Citra (+6285345571748)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.