Makassar International Writers Festival (MIWF) yang dimotori oleh Rumata’ Artspace kembali terselenggara di tahun 2022 ini. Setelah memperhatikan kondisi pandemi Covid-19 yang semakin terkontrol, pihak Rumata’ ArtSpace mengambil langkah yang sangat ditunggu oleh para pecinta sastra khususnya di Kota Makassar dengan mengadakan MIWF 2022 yang berlokasi di Galeri dan halaman belakang Rumata’.

Kendati kondisi pandemi Covid-19 yang kian hari kian terkontrol, Rumata’ Artspace mengadakan MIWF dengan sistem Hybrid Event. Bagi kalian yang baru mendengar istilah Hybrid Event, jadi Hybrid Event merupakan suatu istilah untuk mengungkapkan konsep acara yang menggabungkan antara pertenuan offline dan online. 

Seorang seniman asal Italia, Valeria Puzzovio, membericarakan soal kebebasan dan kelahiran kembali untuk MIWF 2022, “Setelah pandemi, saatnya telah tiba untuk hidup kembali dan mewujudkan impian kita,” ungkap Valeria. Senada dengan hal itu, MIWF 2022 hadir dengan tema Kebangkitan: Awakening.

Dalam kegiatan MIWF 2022 ini, pihak penyelenggara berkomitmen agar semua panel tidak hanya diisi oleh kaum pria saja, tapi juga kaum perempuan, dengan tajuk: No All Male Panel. Selain dari itu, dengan memeprhatikan kondisi alam dan lingkungan yang kian memprihantinkan, MIWF berkomitmen untuk menyelenggarakan festival nir sampah dan rendah karbon.

Pada MIWF 2022 ini dihadiri oleh beberapa penulis yang kawakan maupun yang baru, mereka adalah: Agustinus Wibowo, Andry Setiawan, Aparna Saxena, Beth Yahp, Edwin, Eko Rusdianto,, Ilda Karwayu, Julie Anne, Kalis Mardiasih, JS Khairen, Kieren Salazar, Maesy Ang, Maria Pankratia, Omar Musa, Rain Chudori, Rara Sekar, Rony Agustinus, dan Theoreia Rumthe.

Di samping itu, dikarenakan oleh Hybrid Event, MIWF 2022 juga dihadiri oleh beberapa penulis secara daring, mereka adalah: Andy Fuller, Aquarini Priyatna, Asmayani Kusrini, Asri Saraswati, Bora Chung, Desca Ang, Dian Purnomo, Dido Michielsen, Gavin Seah, Ika Natassa, Intan Paramaditha, dan Najeela Shihab.

Walaupun kegiatan MIWF 2022 ini telah berlalu, tidak perlu khawatir, kita hidup di zaman internet dan kita masih dapat menikmati perbincangan bulan Juni yang lalu di kanal YouTube Rumata’ ArtSpace.

Hal yang menarik pada MIWF 2022 ini adalah dengan adanya kegiatan yang bernama Tur Literasi. Dalam tur kali ini, partisipan diajak untuk mengunjungi dan mengenal lebih dekat took buku dan komunitas literasi di Kota Makassar seperti Dialektika, Kedai Buku Jenny, Katakerja, Kampung Buku, dan Pustaka Merahitam.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *