Belajar dan bermain adalah pondasi penting dalam perkembangan anak. Seperti bermain yang memiliki tujuan lebih dari sekedar hiburan bagi anak, belajar juga dapat meningkatkan keampuan dan daya kembang otak anak. Dua hal yang jika dilakukan bersama akan menghasilkan perkembangan anak yang baik.

Giggles and Grins sendiri hadir sebagai pencetus klub aktivitas belajar dan bermain anak usia dini pertama di Makassar dan mengusung kelas dengan berbagai macam kegiatan seperti aktivitas merangsang indera,keterampilan, motoric kasar dan halus. Pada Kamis, 14 Juli kemarin bertempat di RUMATA’ Artspace, menjalankan kelas outdoor untuk pertama kalinya.

Kelas outdoor sendiri dilaksanakan karena Giggles n Grins sadar bahwa hanya belajar dan bermain di rumah akan membuat anak akan merasa jenuh dan kurang bersosialisasi dengan lingkungan luar. Padahal, menurut penelitian di Western Sydney University mengatakan bahwa ruang yang lebih luas dalam belajar akan mendukung stimulasi gerakan terintegrasi pada anak, kesempatan untuk bersosialisasi dengan sebayanya, melatih kemandirian dan yang paling penting ialah melatih fisik dan kemampuan kognitif anak.

Dengan antusias orang tua yang sangat besar dan kesadaran akan pentingnya kegiatan belajar dan bermain bersama Giggles n Grins, kelas outdoor dengan tema kelas hutan dan petualan cilik sukses diikuti 20 anak dengan rentang usia 2-5 tahun. Adapun kegiatan yang dilakukan adalah aktivitas motoric kasar dan halus, eksperimen sains yang berkoolaborasi dengan BOOM, keterampilan seni, dan aktivitas merangsang indera.

Kesulitan dan tantangan tentu ada dalam menjalankan kelas outdoor. Prediksi cuaca yang tidak tentu membuat kelas harus tertunda beberapa menit dikarenakan hujan deras. Persiapan yang banyak seperti memikirkan dengan matang lokasi dan penempatan kegiatan agar tetap aman bagi anak dan juga jenis aktivitas yang akan dilakukan. Namun, bantuan team yang kompak, miss pengajar, serta team koolaborasi dapat bekerja sama untuk solusi terbaik sebelum dan saat kegiatan berlangsung.

Anak- anak yang senang yang dapat bersosialisasi dengan sebayanya sambal belajar dan bermain juga orang tua anak yang akhirnya memiliki quality time  dan bonding bersama anak adalah hasil tujuan dilaksanakannya kegiatan. Karena Giggles n Grins selalu terdepan dan hadir untuk perkembangan anak-anak Makassar.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *