Komunikasi adalah kunci. Lokakarya ini mengusung gagasan belajar bersama bagaimana berbicara di depan umum. Workshop Public Speaking yang difasilitasi oleh Mawar Lestari dihadiri oleh 13 peserta dari latar belakang yang berbeda. Tujuan kegiatan ini sebagai ruang pengembangan kapasitas teman-teman komunitas untuk berbicara di depan umum, mengartikulasikan gagasan-gagasannya, dan menyebarkan visi komunitasnya. Lokakarya berlangsung selama tiga hari 19 – 21 Agustus 2022, dengan berbagai pendekatan, yakni teori dan praktik di Galeri Rumata’ ArtSpace dan halaman belakang. 

Di hari pertama, para peserta diberikan teori secara umum bagaimana mempersiapkan diri ketika ingin berbicara di depan publik. Mawar Lestari menyiapkan materi menggunakan power point dengan diakhiri diskusi bersama peserta. Di hari kedua, para peserta diajak ke halaman belakang Rumata’ untuk olah vokal dan melakukan presentasi secara bergiliran.

“Materinya sederhana dan sangat mudah dipahami dan diaplikasikan. Peserta jg diminta utk memahami kendala diri sendiri dalam public speaking sekaligus menemukan solusi tepat utk kendala tersebut. Didukung dengan tempat yang kondusif utk latihan vokal dll plus langsung praktik, menjadikan workshop public speaking ini semakin seru dan semakin mengasah keberanian dan kemampuan peserta dalam berbicara di depan umum.”-  Marwah, peserta Workshop.

“Terimakasih banyak kak Mawar untuk ilmu publik speakingnya, saya merasa bangga bisa mengikuti workshop publik speaking ini. Saran saya bisa menambah durasi workshop publik speaking menjadi 1 minggu” – Ammar, Peserta Workshop

“Kelasnya menyenangkan dan cocok bagi saya yang seorang introvert karena sejak awal pesertanya dibatasi, tidak kebanyakan juga tidak terlalu sepi juga, jadi saya mudah akrab dengan peserta lainnya. Karena pesertanya datang dari berbagai latar belakang, jadi saya bisa menimba ilmu dari mereka dan dari sudut pandang mereka.Materi yg Kak Mawar berikan padat namun mudah dicerna, karena disampaikan dengan cara yang santai dan akrab. 3 hari mengikuti kelas Kak Mawar buat saya pribadi cukup mencerahkan dan produktif” – Shanti, Peserta Workshop

“Menyenangkan sekali dapat belajar bersama para peserta dengan latar belakang yang beragam. Menyaksikan kemajuan yang diperlihatkan para peserta dalam waktu yang sangat singkat membuat saya semakin yakin bahwa Public Speaking dapat dilakukan semua orang yang ingin berlatih.” – Mawar Lestari, Fasilitator Workshop.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *