oleh Ilda Karwayu

Juni dan Juli merupakan bulan perguliran dana di program #BakuBantu. Rumah Baca Nusa (RBN) dan Penerbit Akasia fokus melakukan proses pengembalian sembari tetap berkabar perihal langkah-langkah usaha yang dijalani masing-masing. Berbeda dari keduanya, Komunitas Babasal Mombasa, yang Juli lalu telah menerima dana bergulir, kini tengah sibuk melakukan kerja kurasi untuk Akademi Sastra Banggai (ASB) dan Festival Sastra Banggai (FSB).

Kurasi naskah untuk buku antologi debut Akademi Sastra Banggai 2022 telah dilaksanakan sepanjang Agustus lalu. Dari 14 peserta yang terlibat, tim kurator memilih sekitar delapan penulis yang karyanya ditentukan layak untuk masuk dalam buku antologi bersama tersebut. Terdapat tiga penulis yang masuk ke dalam tim kurator, Ama Achmad, Neni Muhidin, dan Reza Nufa. Ketiganya merupakan penulis, aktivis, dan editor yang telah lama bergerak di dunia perbukuan.

Tak hanya mengurasi, para kurator pun bertugas menyunting kembali delapan naskah tersebut sebelum akhirnya diserahkan ke penerbit. Penyuntingan tersebut telah dimulai sejak awal September dan masih berlangsung.

Sesuai proposalnya kepada #BakuBantu, buku antologi debut Akademi Sastra Banggai 2022 akan diluncurkan di Festival Sastra Banggai 2022 pada Oktober mendatang. Untuk ASB 2 mendatang, tim Babasal Mombasa berencana meluaskan cakupan wilayah peserta atau penulis yang nantinya akan terlibat. Salah satu wilayah yang masuk dalam rencana ialah Kabupaten Tojo Una-Una; yang dipilih atas pertimbangan akses distribusi buku yang masih terbatas ke sana. Oleh karena itu, pelibatan peserta atau penulis asal Kabupaten Tojo Una-Una diharapkan dapat menjadi salah satu pertimbangan sejumlah pihak untuk memperlebar akses distribusi buku ke wilayah tersebut.

Untuk FSB sendiri, saat ini tim Babasal Mombasa sedang melakukan penjaringan dan konfirmasi terhadap para penulis atau panelis yang akan terlibat dalam FSB 2022. Tentu saja kita tak sabar, ya, menanti nama-nama pilihan di FSB 2022! Tetap pantau perkebangannya di akun Instagram mereka: @babasalmombasa dan @fsbanggai

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *