Komunitas Dapur Hijau yang beranggotakan orang-orang yang hobi memasak dan memiliki kepedulian lingkungan menggelar lokakarya dan demo masak dengan tema “Eco Friendly Cooking: Food & Environment” pada hari Kamis, 29 September 2022, di Rumata’ ArtSpace Makassar.

Lokakarya yang diadakan berhubungan dengan makanan dan lingkungan yang menjadi penyumbang besar gas emisi karbon yang menyebabkan perubahan iklim. Materi dalam lokakarya ini dibawakan Indrawati Abdi (Makassar Ecobricks) dan Andi Darmawansyah (Food Environmentalist). 

Setelah lokakarya, kegiatan ini dilanjutkan dengan demo masak oleh Andi Darmawansyah yang menunjukkan cara memasak yang rendah karbon dan ramah lingkungan. Beberapa resep yang didemokan antara lain acar dari kulit semangka, nasi biru, dan sayur jantung pisang.

Selain itu, dalam kesempatan ini, tim Dapur Hijau juga meluncurkan buku resep masakan rendah karbon yang ditulis oleh tim Dapur Hijau. 

Kegiatan ini dihadiri oleh 43 peserta yang berasal dari latar belakang yang berbeda, seperti ibu rumah tangga, mahasiswa, dan karyawan. 

Kedepannya, komunitas Dapur Hijau ini akan aktif untuk menyuarakan dan memberikan edukasi pengolahan makanan yang ramah lingkungan dan rendah karbon. 

Menurut Rahmat, penggitan Komunitas Green Pan, kegiatan ini adalah awal dari program panjang mereka yang akan terdiri dari beberapa seri edukasi dan demo masak. “Kami ingin lebih banyak orang yang sadar dan mengubah gaya hidup dan gaya memasaknya agar lebih ramah lingkungan dengan pengelolaan bahan makanan lokal, proses masak yang cepat, dan pengelolaan limbah rumah tangga yang bertanggung jawab,” jelasnya.

Program ini juga mendapat dukungan dari Pemerintah Amerika Serikat melalui program YSEALI Summit 2022, Biji-biji, Mereka, dan BIG BWN Brunei. Juga, kegiatan ini didukung penuh dengan kemitraan lokal bersama Rumata’ ArtSpace dan Dompet Dhuafa Sulawesi Selatan.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *