Flobamora Film Festival melangkah setahap lagi. Komunitas Film Kupang (KFK), sebagai inisiator dari festival tersebut, mengambil langkah untuk menggandeng salah satu komunitas seni di Makassar, yakni Rumah Budaya Rumata’. KFK dan Rumata terjadwal akan melakukan crowdfunding atau penggalangan dana bersama, melalui aksi nonton bareng (Nobar). Rumata digandeng di dalam crowdfunding ini merupakan aktivitas komunitas kolaborator yang mana demi melancarkan Flobamora Film Festival. Sederhananya, KFK melakukan kerja sama dengan Rumata’ sebagai bentuk promosi menuju puncak pergelaran Flobamora Film Festival tadi.

Strategi untuk menggiring Flobamora Film Festival menuju puncak pergelarannya, kemudian dibungkus di dalam rencana penayangan atau pemutaran film nusantara hasil produksi KFK, yaitu Nokas (Dokumenter Panjang, 2016), karya Manuel Alberto Maia dan Oe Lo’lif (Fiksi Pendek, 2020), karya Emilianus U. K. Patar. Penayangan film dalam rangka penggalangan donasi ini merupakan film pilihan Komunitas Film Kupang. NOKAS (dokumenter panjang, 2016) yang akan ditayangkan nanti, berhasil meraih gelar “Best Feature Documentary” pada Balinale International Film Festival (2017) dan Freedom Film Festival (2017), serta menjadi “Special Mention At” pada Festival Film Dokumenter Jogja (2016). Berikutnya, OE LO’LIF (fiksi pendek, 2020) yang juga akan ditayangkan, pernah diputar pada program Fasilitasi Ide Sinema Kreatif – Jogja Asian Film Festival (FESTIF X JAFF Collaboration Program, 2020).

Para penonton diajak berpartisipasi untuk menyukseskan acara ini dengan merasakan sensasi keindahan dan memahami makna di balik film tersebut. Hanya dengan membayar sejumlah Rp25.000 rupiah, setiap orang boleh merasakan sensasi keindahan dan menimba paham di balik film-film itu. Terlepas dari donasi berupa pembelian tiket film bagi masyarakat yang berdomisili di Makassar, dipersilakan juga bagi masyarakat luas untuk turut berdonasi (secara sukarela) bersama; menyongsong Flobamora Film Festival. Informasi pendonasian bisa melalui transfer Bank BNI 1289516290 (a.n. Komunitas Film Kupang). Berdonasi bersama juga ikhtiar menuju momen kebersamaan; hanya dengan menonton serta menikmati ragam rasa dalam film hasil produksi KFK di Rumata Art Space.Rumah Budaya Rumata (Rumata’ Art Space) sendiri sudah berpijar sejak 18 Februari 2011, secara independen. Rumata memiliki program unggulan yang telah menjadi bagian penting pengembangan kebudayaan dan kesenian antara lain Makassar International Writers Festival (MIWF) dan SEAScreen Academy. Selain itu, adapun penawaran fasilitas yang bisa diakses secara luas terkhusus bagi seniman dan komunitas di Makassar (www.rumata.or.id, 2021). Selebihnya, media sosial Instagram @flobamorafilmfestival dan @rumata_artspace  telah menyediakan informasi yang dibutuhkan.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *