oleh Ilda Karwayu

Salah satu penerima dana bergulir Program #BakuBantu, Komunitas Babasal Mombasa, semakin sibuk mempersiapkan Festival Sastra Banggai (FSB) 2022. Festival yang akan dilaksanakan secara hybrid ini telah mematok tanggal 24 – 27 November sebagai waktu pelaksanaannya. FSB tahun ini mengusung tema besar Mengungkai Acak, Menyimpul Padu yang dirangkaikan dengan beberapa subtema, salah satunya ialah Montolutusan.

Montolutusan sendiri merupakan kata lain dari persaudaraan untuk tiga wilayah di Banggai—yakni Banggai, Bangkep, dan Balut—yang berpusat pada topik ketahanan pangan. Dengan mengusung subtema ini, FSB ingin mengembalikan memori kolektif masyarakat wilayah Banggai perihal budaya mengonsumsi panganan asli Banggai. Satu di antaranya adalah ubi Banggai yang secara organik hanya hidup di wilayah tersebut. Tak hanya itu, keragaman jenis ikan di laut seputaran Banggai pun turut menjadi salah satu yang akan dibicarakan.

Pertemuan offline persiapan Festival Sastra Banggai 2022

Selain isu penting di atas, FSB akan menghadirkan sesi panel lainnya, dan sudah pasti salah satunya adalah sastra. Suatu kegembiraan mengetahui kabar bahwa nantinya tidak hanya buku antologi debut Akademi Sastra Banggai 2022 yang akan diluncurkan dalam FSB, tapi juga akan ada dua buku lainnya; yang masing-masing adalah karya terbaru dari Neni Muhidin dan Ama Achmad.

Bicara soal perjalanan buku antologi debut Akademi Sastra Banggai 2022, saat ini tim Babasal Mombasa sedang mengurus International Standard Book Number (ISBN) untuk buku tersebut. Nah, sejak beberapa waktu belakangan, santer merebak kabar bahwa proses pengajuan ISBN di Indonesia sedang mengalami kemacetan, baik bagi buku-buku terbitan mayor ataupun indie. Oleh karena itu, besar kemungkinan kondisi tersebut terjadi juga pada buku antologi yang memuat delapan penulis ini. Kita doakan saja semoga proses pengajuan ISBN ini segera normal kembali ya durasinya.Untuk tahu lebih lanjut perkembangan FSB, jangan lupa pantau akun Instagram mereka di @babasalmombasa dan @fsbanggai.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *