Bahasa Daerah masih terus menjadi perhatian serius bagi BASASulsel Wiki, pemerintah serta komunitas pelestarian bahasa daerah. Betapa tidak, seiring berjalannya waktu bahasa makassar hampir mengalami kepunahan dengan masuknya bahasa-bahasa asing yang mengakibatkan anak milenial perlahan-lahan meninggalkan bahasa Ibu-nya.

BASASulsel Wiki, Guru, Mahasiswa dan Siswa pun sebenarnya tidak tinggal diam dengan kondisi bahasa daerah yang hampir punah. Oleh sebab itu, untuk mengembalikan eksistensi bahasa daerah di tengah gempuran bahasa bahasa asing maka dari itu BASASulsel bekerjasama dengan guru-guru sekolah untuk menggelar Focus Group Discussion (FGD) yang berlangsung di Rumata’ Artspace, Minggu (06 November 2022).

Advisor Program BASASulsel Wiki Wildhan Burhanuddin yang membuka sekaligus menjadi fasilitaror Focus Group Discussion (FGD), dalam pengantarnya berharap bahwa BASASulsel Wiki dapat menjadi wadah bagi para kaum milenial untuk menuangkan ide-ide gagasannya terkait isu-isu publik yang ada disekitar dengan menggunakan bahasa daerah sehingga anak milenial dapat mempertahankan bahasa daerahnya.

“BASASulsel hadir untuk bagaimana kemudian anak milenial tidak lupa dengan bahasa daerahnya melalui platform BASASulsel Wiki dengan berpartisipasi dalam program Wikithon yang satu kali dalam dua bulan dilaksanakan”. Kata Wildhan Baharuddin, Minggu (6/11/2022).

Wildhan Baharuddin menambahkan bahwa BASASulsel tetap konsisten dan berkomitmen untuk melestarian bahasa daerah melalui program wikithon (kompetisi digital marathon) yang terus dilaksanakan yang menyasar kepada pemuda untuk berpartisipasi aktif dengan isu-isu publik yang mendorong nalar kritis pemuda.

Olehnya itu, dengan adanya FGD ini, Wildhan Baharuddin berharap bisa melahirkan inovasi dan rekomendasi yang jelas, siapa lagi yang akan melestarikan bahasa daerah dan dapat merasakan langsung isu-isu publik di tengah masyarakat. Pastinya, lanjut dia, BASASulsel melalui platform BASASulsel WIKI selalu siap memfasilitasi karya-karya anak milenial.

Terkait pelestarian bahasa daerah, Wildhan Baharuddin menyarakan anak milenial tidak malu menggunakan bahasa daerahnya di setiap harinya.

“jadi perlu adanya kerjasama antara pihak Dinas Pendidikan, sekolah dan guru-guru agar anak milenial sekarang tidak mudah melupakan bahasa dearahnya dan mengajak untuk berpartispasi aktif dalam platform BASASulsel wiki di setiap programnya.” Ujarnya.

Sementara itu Guru SMPN 7 Makassar Muhammad Riri menyampaikan, bahwa dalam penggunaan plaform BASASulsel Wiki menemukan tantangan dalam mengakses platform.

“FGD ini sangat bagus akan tetapi saya dan siswa saya menemukan banyak tantangan tersendiri, mulai dari keterbatasan penggunaan bahasa daerah sampai susahnya mengakses platform karena banyak point-point yang sulit dimengerti.” Riri, Minggu (6/11/2022)

Selain itu lanjutnya, dalam diskusi ini berharap bahwa adanya perampingan website serta efektifitas dalam penggunaan website yang pada akhirnya siswa dan guru mudah memahami dan menggunakannya di setiap kegaiatannya. Ujarnya.

“Muhammad Riri melanjutkan, bahwa saya menyarankan agar websitenya BASASulsel dapat dijadikan sebagai aplikasi dan dapat di unduh di playstore yang berisikan permainan kata interaktif ataupun kamus yang bisa diakses siswa untuk sarana pembelajaran Bahasa Daerah” Ucap Muhammad Riri

Melalui FGD ini team BASASulsel mendapatkan banyak masukan terkait Platform BASASulsel diantaranya; Dibutuhkan panduan lengkap dalam pembuatan akun hingga upload karya, Memasang panduan pembuatan akun dan upload karya di homepage website, dan  Penambahan page FAQ berkaitan Wikithon agar peserta yang bertanya bisa diarahkan kesana untuk jawabannya.

Masukan – masukan yang hadir dalam Focus Group Discassion ini akan ditindak lanjuti oleh team BASASulsel agar kemudian BASASulse menyusun strategi untuk mengefetifkan langkah-langkah kedepan untuk pelestarian bahasa daerah. BASASulsel mengajak seluruh elemen masyarakat untuk mengunjungi websitenya di laman basasulselwiki.org dan Instagram BASASulsel untuk mendapatkan update informasi.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *