Oleh: Wahyuni, Muhammad Teguh Wererilengi

Tanggal 1 Desember 2022 memiliki kenangan tersendiri bagi pihak Rumata’ ArtSpace. Rumata’ menerima kunjungan spesial dari Jonathan Hollander, President and Artistic Director of Battery Dance, New York. Kunjungan ini bertujuan untuk bernostalgia pada kenangan yang dimiliki Jonathan yang telah dua kali menapakkan kakinya di Rumata’ pada tahun 2011. Jonathan Hollander mengungkapkan bagaimana dia sangat takjub dengan perubahan Rumata’ yang sangat signifikan,

It’s really better than before when I came”.

Jonathan bahkan dengan penuh semangat mengelilingi ruang galeri sembari melontarkan berbagai pertanyaan terkait makna potret yang dipajang. Lebih lanjut, dia mengungkapkan bahwa sangat sukar untuk menemukan tempat pengembangan kesenian seperti Rumata’ yang membuat kita merasakan ketenangan di dalamnya.

Battery Dance hadir untuk melaksanakan Battery Dance Indonesian Tour 2022 yang bertajuk “Dancing to Connect” yang diselenggarakan pada 29 November – 03 Desember 2022. Dalam perbincangan ini diketahui bahwa baik pihak Battery Dance maupun Rumata’ keduanya sama-sama merespons isu perubahan iklim. Tur yang diadakan ini diharapkan mampu memvisualisasikan bagaimana wujud kepedulian terhadap alam dengan tari sebagai media koneksinya. Jonathan turut mempertanyakan apa makna dari kata “Rumata’”, Kak Rachmat, selaku Direktur Program dan Kerjasama, menjawab, “Rumata’ itu bermakna Rumahku, Rumahmu, menggunakan akhiran -ta yang menunjukkan kesopanan, yah intinya our house” pungkasnya.

Obrolan hangat yang tercipta ini tentunya juga memberikan berbagai cakrawala baru seperti bagaimana Battery Dance mampu berkolaborasi bersama penari dengan latar belakang yang beragam dengan menerapkan prinsip kesetaraan, penerapan budaya kerja, serta profesionalitas yang tentu bernilai aplikatif. Kunjungan ini diharapkan mampu menjadi awal yang baik dalam menjalin kerjasama antara kedua belah pihak dalam wujud kolaborasi sebagai bentuk kesinambungan.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *