Oleh: Zulfadio Akbar Bintang Alessandro dan Asmiati Tola

Sore hari pada tanggal 2 Desember 2022 Rumata’ kedatangan tamu tak terduga yaitu Kedutaan Besar Amerika Serikat (Kedubes) Amerika yang bertempat di Jakarta. Pira Vindiartha selaku perwakilan Kedubes Amerika mengungkapkan rasa bahagianya sebab dapat mengunjungi salah satu Yayasan Budaya di bagian Indonesia Timur. Kedatangannya disambut begitu hangat oleh rekan-rekan Rumata’ ArtSpace diwakili oleh Rachmat Mustamin, Ifdhal Ibnu dan Ita Ibnu. Obrolan hangat langsung mengalir begitu saja karena kedua belah pihak sama-sama memiliki fokus yang sama dalam mengembangkan kebudayaan dan kesenian.  

Perbincangan antara kedua belah pihak memunculkan sebuah fakta bahwa baik Kedutaan Besar Amerika maupun Rumata’ ArtSpace sama-sama fokus dalam mengembangkan program dengan konsistensi pada perfilman, literasi, serta kebudayaan dan kesenian pada umumnya. Fakta ini kemudian menjadi salah satu kunci peluang yang cukup besar agar terjalinnya kerja sama antara Kedubes Amerika Serikat dan Rumata’ ArtSpace. Rumata’ yang merupakan wadah untuk membudidayakan kesenian seperti pameran, seminar, pentas, dan sebagainya tentu memiliki peluang tersebut. Diperkuat dengan adanya program tahunan yaitu MIWF (Makassar International Writers Festival) yang mendatangkan berbagai macam penulis-penulis di Indonesia hingga Luar Negeri, melalui obrolan hangat ini tentunya diharapkan mampu bermuara pada jalinan Kerjasama agar MIWF juga mendapatkan dari pihak Kedubes Amerika.

Obrolan hangat antara perwakilan Kedubes Amerika dan rekan-rekan Rumata’ Artspace sangat larut dan membawa begitu banyak pandangan baru serta potensi-potensi yang dapat dijejali kedepannya antara kedua belah pihak yang mampu membentuk kedekatan yang kental. Kunjungan hangat ini diharapkan mampu menjadi batu loncatan dalam menjalin kerjasama dan mampu berkolaborasi untuk menjalankan program-program bersama di masa yang akan datang.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *