MIWF Membangun Harapan, Kebertahanan, Keseimbangan Melalui Faith

Pada tahun ini, kami memilih tema ‘Faith’ sebagai pintu yang kami percaya dapat membuka ruang  percakapan tentang agama, kepercayaan, nilai, dan tujuan hidup manusia. Tema ini tidak sebatas membicarakan peran agama dan kepercayaan yang dipegang manusia ketika menghadapi masa sulit saja, seperti ketika seluruh dunia dihantam oleh pandemi. Melainkan menawarkan perspektif untuk membangun harapan, daya tahan, dan menciptakan keseimbangan untuk menemukan makna baik secara individu maupun kehidupan bersama di masyarakat. 

Lily Yulianti Farid, selaku direktur dan pendiri MIWF telah mewariskan ‘Faith’ sebagai nilai yang selama ini ia yakini untuk dunia literasi, dan kerja-kerja kecil yang ia lakukan untuk memberikan nilai besar bagi siapa pun yang mengerjakan literasi sebagai panggilan. Ia juga meninggalkan warisan ‘Faith’ sebagai metode kerja dengan semangat kekeluargaan dan kesadaran untuk terus melakukan kontribusi terhadap perjalanan MIWF di tahun mendatang. 

Faith dan MIWF merupakan jejaring kekuatan, individu dengan ketebalan pengetahuan, suara yang lantang dibunyikan, dan keyakinan bagai nyala api yang tidak padam di seluruh nusantara. Kami juga meyakini bahwa seluruh relawan, pembicara, dan peserta yang akan hadir di MIWF tahun ini, juga melebur dan dipersatukan oleh Faith yang sama.  

Sebagai fenomena global, spiritualisme dalam beragama sementara hangat dibicarakan oleh siapa saja. Spiritualisme yang dimaksud, yaitu antara manusia & Tuhan-nya, maupun manusia dengan sesama manusia lain, sebuah kesadaran yang mestinya menghasilkan buah untuk terus saling mengasihi. Melalui tema ini pula, kami berharap program-program yang diinisiasi dapat menjadi wacana untuk membaca ulang identitas manusia, serta melanjutkan daya jelajah yang lebih luas melalui literasi. Pada akhirnya, kami berharap MIWF menjadi perjalanan tak berujung, dan ‘Faith’ serupa langkah-langkah kecil tiada henti. Langkah kita, bersama-sama.

Kurator:

Theoresia Rumthe, Faisal Oddang, Erni Aladjai

https://www.instagram.com/makassarwriters/