Panggilan Kepada Komunitas Di Pulau Kalimantan: Mari Bergabung Bersama BASAibu Wiki

FORMULIR PENDAFTARAN

BASAibu Wiki adalah organisasi yang mendorong kaum muda untuk menyuarakan pendapat mereka melalui platform digital dalam bahasa ibu atau bahasa lokal yang diinisiasi dan diorganisir oleh BASAbali – sebuah kolaborasi seniman, advokat, mahasiswa dan cendekiawan yang berbasis di Bali, Indonesia dan di Washington, DC – sejak tahun 2020.

Sebelumnya, BASAibu Wiki merupakan platform digital kamus wiki bahasa Bali dan perpustakaan virtual yang dikembangkan secara komunitas – community-developed – berdasarkan karya peneliti dan penulis Fred Eiseman yang tidak diterbitkan. Kini BASAibu Wiki telah dikembangkan menjadi organisasi yang fokus memberdayakan nilai-nilai lokal di tengah masyarakat dan komunitas, sekaligus menyediakan platform digital yang dapat digunakan oleh khalayak ramai untuk mendiskusikan isu-isu sipil secara publik dengan beragam bahasa, melalui video, audio, puisi, prosa, foto atau format lainnya di ‘Ruang Komunitas’. Begitu juga bagi para seniman dan komunitas, terutama yang hanya dikenal di lingkungan mereka, kini dapat dikenal luas oleh khalayak ramai melalui platform tersebut di mana jumlah penggunanya saat ini sudah lebih dari 2,3 juta pengguna di Bali, Indonesia.

Di tahun 2021, BASAibu Wiki mulai mereplikasi semangatnya hingga ke Sulawesi Selatan, dengan nama BASAsulsel Wiki yang hadir melalui pendekatan keterlibatan komunitas.

Foto bersama peserta WIKITHON 14 di halaman belakang Rumata’ ArtSpace | 2023

Rumata’ ArtSpace dan MIWF adalah mitra komunitas di Sulawesi Selatan yang kemudian menjadi pengelola dan mengembangkan BASAsulsel Wiki di bawah payung BASAibu Wiki. Tentunya dengan semangat memperdalam dan memberdayakan wiki kebudayaan Sulawesi Selatan.

Sosialisasi ke sekolah WIKITHON 13 | 2023

Kehadiran BASAsulsel Wiki saat ini mencakup komunitas yang meliputi Kota Makassar dan Kabupaten Gowa, yang saling terhubung melalui Rumata’ ArtSpace dan MIWF dalam mengembangkan nilai-nilai lokal, salah satunya yaitu memberdayakan bahasa Makassar dan Bugis.

Penyampaian opini peserta WIKITHON 15 di halaman belakang Rumata’ ArtSpace | 2023

Pada agenda-agendanya, BASAsulsel Wiki aktif mengadakan program seperti WIKITHON, yang merupakan program berkelanjutan yang dijalankan di dalam lingkungan yang ramah, aman serta inklusif yang bertujuan mengundang masyarakat untuk ikut bersuara, memberi ide, gagasan, berbagi strategi, dan ikut membantu penyusun kebijakan untuk meningkatkan taraf hidup, budaya, dan lingkungan bagi masyarakat sekitar.

Kini, BASAibu Wiki juga akan hadir di Pulau Kalimantan dengan nama BASAkalimantan Wiki, dan sedang menjangkau komunitas-komunitas yang berada di Pulau Kalimantan untuk dilibatkan sebagai mitra yang akan bersama-sama mengembangkan BASAkalimantan Wiki.

Jika kamu merupakan bagian dari organisasi/komunitas yang bergerak pada isu anak muda, kebahasaan, kebudayaan, literasi maupun edukasi di Pulau Kalimantan, kamu dapat mendaftar di laman formulir pendaftaran yang tertera di atas atau kunjungi alamat di akhir tulisan. Jangan sampai terlewatkan, segera daftar dan kembangkan komunitas-mu bersama BASAibu Wiki.

Mari bersama-sama melestarikan bahasa ibu melalui BASAkalimantan Wiki, BASAsulsel Wiki bersama BASAibu Wiki.

Batas akhir pendaftaran: 14 Januari 2024

Informasi lengkap silakan kunjungi alamat http://bit.ly/DaftarKomunitasBIW

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *