Menuju Hari Raya Sastra dan Literasi: MIWF 2024 Resmi Umumkan Tiga Nama Kurator

Baru-baru ini, Makassar International Writers Festival (MIWF) resmi mengumungkan tiga nama penulis yang telah diangkat sebagai kurator untuk perhelatannya di tahun ini. Petanda bahwa hari raya sastra dan literasi di kawasan Indonesia Timur itu sudah dekat. Bersama M. Aan Mansyur sebagai direktur dan co-direktur Ilda Karwayu, kali ini MIWF mempertemukan tiga nama penulis dan editor yang berasal dari Kupang Nusa Tenggara Timur dan Barru Sulawesi Selatan yang akan bertugas sebagai kurator MIWF 2024, mereka adalah Margareth Ratih Fernandez, A. Nabil Wibisana dan Mariati Atkah.

MIWF adalah festival sastra dan literasi tahunan di Makassar yang dimulai sejak tahun 2011, selalu hadir dengan segenap kejutan pada tiap helatannya. Mulai dari kurator, tema acara, penulis yang didatangkan, program, konsep panggung, hingga kejutan yang datang melalui penampil yang akan mengisi acara dengan beragam pentas dan kolaborasi.

Seperti yang terjadi pada perhelatan MIWF di tahun lalu, salah satu kurator yaitu Theoresia Rumthe tidak hanya menjajal panggung MIWF sebagai kurator dan penulis, melainkan beliau juga berbagi nada dan suara bersama band folkpop asal Makassar Kapal Udara, yang berhasil menyulap suasana panggung MIWF 2023 yang temaram berubah menjadi keintiman yang begitu energik. Atau penampilan dari Abdi Karya, seniman pertunjukan yang berhasil mencuri tepuk tangan dan sorak yang meriah dari penonton ketika berimprovisasi dan bermain-main dengan seorang anak kecil yang tiba-tiba saja naik ke atas panggung. Begitu juga kejutan yang datang di hari ke dua dari pidato Evi Mariani yang begitu tajam dan berapi-api membagikan semangat berlawan, menggetarkan hati seluruh dari mereka yang mendengarnya melantangkan manifesto perlawanan terhadap penindasan di Benteng Rotterdam. Pada akhir babak di hari ketiga, MIWF 2023 berhasil ditutup dengan semua orang membawa pulang memori yang begitu manis sekaligus euforik untuk dikenang usai penampilan Is Pusakata yang begitu merdu melantunkan lagu-lagunya dan seluruh penonton yang ikut bernyayi. Luar biasa, sungguh kejutan dan keseruan yang begitu massif pada festival sastra dan literasi.

Nah, perhelatan MIWF di tahun ini sudah mulai terasa, penasaran bagaimana kejutan dan keseruan yang akan dihadirkan nanti? Pantau terus. Makassar International Writers Festival 2024. Segera!

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *