‘Roots’: SEAScreen Academy 2024

Setelah jeda beberapa tahun, salah satu program unggulan dari Rumata’ ArtSpace, South East Asian Academy (SEAScreen Academy) kembali membentangkan layarnya di tahun ini. Melalui pengumuman Open Call yang dirilis pada tanggal 29 Maret lalu lewat akun Instagram resminya, SEAScreen Academy 2024 kembali dibuka.

SEAScreen Academy merupakan program pelatihan dan pengembangan film yang diprakarsai oleh sutradara film Riri Riza dan Rumata ’ArtSpace. Pertama kali digelar pada tahun 2012, SEAScreen menjadi agenda yang digelar tahunan sampai pada tahun 2018 dan satu edisi daring di tahun 2020. Program ini mencakup rangkaian agenda yang dikemas mulai dari pelatihan intensif tentang perfilman, seperti pertemuan kelas, lokakarya/workshop, pemutaran hingga produksi film. Diikuti oleh sineas-sineas muda dari Indonesia timur yang terpilih sebagai peserta dan didampingi oleh para praktisi film terbaik dari Asia Tenggara.

SEAScreen kali ini hadir dengan mengusung tema “Roots” atau ‘akar’ yang menggambarkan komitmen untuk menjelajahi dan merangkul akar budaya yang ada di Indonesia Timur, sekaligus mencakup semangat untuk menggali dan menghargai asal-usul, sejarah dan nilai-nilai yang melandasi cerita-cerita film. Selain mengangkat ‘akar’ sebagai tema, SEAScreen juga datang dengan konsep pelatihan yang diberi nama ‘Story Camp’, sebuah grup belajar di mana peserta akan didampingi oleh para mentor dari praktisi film terkemuka Asia Tenggara dengan rangkaian agenda diskursus tentang perfilman, mulai diskusi, lokakarya sampai masterclass dan lainnya, di mana grup belajar ini juga merupakan proyeksi sebuah forum yang berupaya membuka dialog seputar isu-isu terkini perfilman di Asia Tenggara.

Profil para mentor yang akan mendampingi peserta SEAScreen 2024 baru saja diumumkan. Mereka adalah Amanda Nell Eu (Director & Scriptwriter), Prima Rusdi (Scriptwriter), Chalida Uabumrungjit (Archivist), Yandy Laurens (Director & Scriptwriter), Andi Burhamzah (Director) dan Hannah Al Rashid (Actress).

Tentu saja kembalinya SEAScreen di tahun 2024 ini menjadi angin segar bagi sineas muda khususnya di wilayah Indonesia timur. Melihat di tengah derasnya ide-ide dan semangat berkarya yang terus bermunculan, SEAScreen menjadi wadah yang tepat bagi sineas muda untuk mengembangkan bakat perfilman mereka.

Peserta terpilih SEAScreen Academy 2024 akan diumumkan pada tanggal 1 Mei mendatang. Ikuti terus keberlanjutan SEAScreen Academy 2024 melalui akun Instagram SEAScreen Academy.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *